Tentang Statistical Trap
Statistical Trap atau Statistical Fallacies merupakan kesalahan penggunaan Statistika, kekeliruan logic dalam interpretasi, yang bisa saja kita temui di kehidupan sehari-hari dan memiliki dampak yang signifikan.
Cherry Picking merupakan salah satu Statistical Traps yang sering kita temui, dan perlu kita kenali tentunya.
Cherry Picking
Ide dasar dari Cherry Picking sebenarnya sederhana, mungkin kita juga pernah melakukannya. Cherry Picking adalah ketika kita mengambil sebagian data/fakta yang dapat memenuhi harapan kita, dan dengan sengaja tidak mengikutkan sebagian data/fakta lain yang tidak sesuai dengan hipotesis atau keinginan kita.
Cherry Picking seringkali dilakukan untuk membuyarkan fakta holistik, dan membuat fakta baru yang sesuai dengan keinginan kita.
Contoh Cherry Picking
Contoh Pertama
Contoh ini bisa jadi pernah kita temui. Dalam suatu presentasi Survey Kepuasan, seseorang hanya menampilkan hasil yang bagus – bagus saja (sesuai ekspektasinya) dan sengaja membuang atau tidak menampilkan hasil yang kurang bagus.
Di contoh tersebut hasil yang dirasa kurang bagus sengaja tidak dipilih untuk ditampilkan, ini adalah contoh sederhana dari Cherry Picking.
Contoh dalam dunia marketing
Contoh dalam dunia marketing yang mungkin sering kita temui :
“Produk Kosmetik ini direkomendasikan oleh 75% Pakar Kosmetik”
Kalimat tersebut sebenarnya cukup menarik, tetapi kita tidak tahu secara keseluruhan pendapat Pakar Kosmetik. Dalam survey tersebut, bisa saja ada produk lain yang direkomendasikan oleh lebih dari 75 % Pakar Kosmetik. Bisa juga justru sebagian kecil Pakar justru menganjurkan untuk tidak memakai produk kosmetik tersebut. Hal demikian perlu kita cari tahu lebih dalam, bisa jadi termasuk Statistical Trap : Cherry Picking.
Baca Juga : Apa itu Aplikasi Open Source
Sekian dulu pembahasan Cherry Picking yaa. Tunggu pembahasan Statistical Trap lain dari kami, tetep stay tune dan jangan lupa selalu pakai Software Original !