Top 5 Artikel

2021 Recap: Top 5 Artikel Exsight

Exsight ADS

2021 merupakan tahun yang menantang buat semua orang, termasuk Exsight. Pandemi belum berakhir, begitu juga visi Exsight. Selama 2021, Exsight terus konsisten mengedukasi & mengajak masyarakat meninggalkan pembajakan aplikasi dan mengkampanyekan aplikasi Open Source di ranah Statistika, Penelitian, dan Data Science.

Juga, tahun 2021 menjadi awal bagi Exsight memanjangkan tangan impiannya melalui pembuatan website dan penulisan Artikel. Teramati lebih dari 30.000 views mendarat di website Exsight, terhitung mulai dari masa pembangunan website dari nol di awal tahun. Angka yang bagus untuk sebuah website rintisan.

Berikut kami sajikan untuk anda Top 5 Artikel terurut dari view paling banyak:

1. Penjelasan dan Langkah Mudah Uji Korelasi Spearman Rho di Rstudio

Artikel Statistika ini menjadi artikel paling banyak dikunjungi. Artikel ini membahas lebih lanjut mengenai salah satu uji korelasi, yaitu Korelasi Spearman Rho dan bagaimana cara pengaplikasiannya menggunakan software R.

Korelasi spearman rho adalah metode statistik yang digunakan untuk menguji dugaan tentang adanya hubungan antara variabel apabila datanya berskala ordinal (rangking) atau berskala rasio/interval namun tidak memenuhi asumsi normalitas. Pada uji ini, nilai korelasi tidak dihitung berdasarkan nilai aktual data, melainkan melalui peringkat yang sudah diberikan pada data.

cuplikan tampilan halaman artikel

2. Dua Cara Post Hoc Test Uji Lanjut Anova menggunakan Rstudio

Artikel berikutnya membahas mengenai Uji Lanjut Anova menggunakan Rstudio.

Ada banyak sekali jenis uji lanjut yang dapat digunakan, dua yang paling umum digunakan jika data memenuhi asumsi normalitas adalah Fisher’s LSD test (Uji BNT) dan Tukey’s HSD test (Uji BNJ). Dan jika anova dilakukan menggunakan metode Kruskal Wallis yang artinya data tidak berdistribusi normal, maka uji lanjutnya dapat dilakukan dengan uji Mann Whitney.

cuplikan tampilan halaman artikel

3. 7V Karakteristik Lengkap Big Data

7V karakteristik Big Data. Artikel ini cukup anomali, karena biasanya yang dijelaskan adalah 3V karakteristik Big Data atau 5V Karakteristik Big Data.

Artikel ini menempati urutan ketiga di Top 5 Artikel pada 2021.

cuplikan halaman artikel

4. Ternyata Rstudio Juga Bisa Dark Mode Begini Caranya

Yak! artikel keempat membahas tutorial agar Rstudio mu bisa Dark Mode atau Mode Gelap. Mode Gelap lebih disukai oleh penggemar syntax dan coding lantaran lebih nyaman di mata.

Tidak hanya satu Mode Gelap, artikel ini sekaligus membahas beberapa Mode Gelap yang rekomended untuk digunakan.

cuplikan halaman artikel

5. Run R di Google Colab Ikuti Langkah Mudah Berikut

Hmm artikel di posisi 5 adalah artikel yang view nya melejit setelah dipublish dari dapur Exsight.

Artikel ini membahas tentang cara Run R di Google Colab. Biasanya pengguna Google Colab memakai Python di interface nya, artikel ini memfasilitasi buat kamu pengguna R!

cuplikan halaman artikel

Sstt...
Mau Kiriman Artikel Terbaru Exsight
Tanpa Biaya Langganan? ????

Nama Kamu

Email Kamu

Dapatkan Akses Informasi Terupdate Seputar Dunia Data dan Statistika 🙂

Exsight ADS

Leave a Comment

Klik Daftar Isi Disini