Pengenalan Six Sigma

DW ADS

Persaingan bisnis yang semakin ketat, menjadikan perusahaan berlomba-lomba meningkatkan kualitas produk maupun layanan yang unggul secara efisien untuk mencapai keberhasilan perusahaan. Salah satu konsep statistik yang kerap kali digunakan perusahaan untuk manajemen kualitas produk maupun layanan yaitu Six Sigma. Yuk simak artikel ini dengan seksama yaa!

Definisi

Six Sigma merupakan suatu metode statistik yang umumnya diterapkan untuk meningkatkan kualitas produk maupun layanan perusahaan. Konsep utama dari six sigma yaitu berfokus pada pengukuran dan pengendalian nilai variasi dalam setiap aspek produk maupun layanan perusahaan, sehingga konsisten sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh perusahaan.

Penerapan metode six sigma dilakukan melalui pendekatan data-driven (berdasarkan data) dan alat statistik untuk mengidentifikasi penyebab akar masalah, memperbaiki proses, dan menjaga kualitas pada tingkat yang mendekati tingkat cacat bernilai nol, dengan menggunakan siklus perbaikan DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve, Control).

Tujuan

Secara mendetail, beberapa tujuan dari penerapan Six Sigma diantaranya:

  1. Meningkatkan Kualitas Produk atau Layanan
    Six sigma dapat mengurangi kesalahan dan cacat dalam proses, selain itu produk atau layanan yang dihasilkan menjadi lebih baik dan sesuai dengan standar yang ditetapkan.
  2. Peningkatan Keuntungan
    Adanya six sigma dapat mengurangi biaya-biaya yang terkait dengan kegagalan atau perbaikan.
  3. Peningkatan Kepuasan Pelanggan
    Produk atau layanan yang dihasilkan perusahaan menjadi lebih baik dan konsisten, sehingga akan membuat pelanggan merasa puas dan percaya terhadap perusahaan. Kualitas yang tinggi dan konsisten akan membangun reputasi positif di mata pelanggan dan pasar.
  4. Peningkatan Produktivitas dan Efisiensi Proses
    Six sigma berguna dalam menghilangkan langkah-langkah yang tidak perlu atau cacat dalam proses operasional perusahaan. Sehingga, perusahaan dapat meningkatkan produktivitas karyawan dan mengurangi waktu yang terbuang dan efisiensi operasional akan meningkat.
  5. Pengambilan Keputusan Berdasarkan Fakta
    Penerapan metode six sigma dilakukan berdasarkan data dan analisis statistik, sehingga keputusan diambil berdasarkan informasi yang akurat dan objektif.

Fase-Fase Six Sigma

Dalam Six Sixgma terdapat beberapa fase yang dikenal dengan istilah DMAIC , yang merupakan singkatan dari Define, Measure, Analyze, Improve, dan Control.

DMAIC adalah kerangka kerja yang dapat membantu perusahaan untuk mengatasi masalah dan melakukan perbaikan. Setiap fase memiliki peran penting dalam mencapai perbaikan kualitas yang berkelanjutan, dengan fokus pada pengumpulan data, analisis, dan langkah-langkah perbaikan yang terukur. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai kegiatan dalam setiap fase pada siklus DMAIC

  1. Define (Definisi):
    • Mengidentifikasi masalah atau peluang yang perlu diperbaiki.
    • Mendefinisikan tujuan proyek dengan jelas.
    • Mengidentifikasi stakeholder dan kebutuhan pelanggan yang terkait.
    • Menetapkan cakupan proyek dan batasan yang jelas.
  2. Measure (Pengukuran):
    • Mengumpulkan data mengenai proses yang sedang dianalisis.
    • Mengidentifikasi metrik dan Key Performance Index (KPI) yang relevan.
    • Menganalisis data untuk memahami sejauh mana variasi dalam proses.
  3. Analyze (Analisis):
    • Menganalisis data lebih lanjut untuk mengidentifikasi pola dan tren.
    • Menggunakan alat statistik untuk mengidentifikasi akar penyebab masalah.
    • Menggunakan alat analisis seperti diagram Pareto, diagram sebab-akibat, analisis regresi, dan lainnya.
  4. Improve (Perbaikan):
    • Mengembangkan dan merancang solusi perbaikan berdasarkan analisis.
    • Melakukan uji coba terhadap solusi perbaikan melalui eksperimen.
    • Memilih solusi terbaik berdasarkan bukti data dan analisis.
  5. Control (Pengendalian):
    • Merancang rencana pengendalian untuk memastikan perbaikan yang berhasil tetap berjalan.
    • Mengimplementasikan tindakan pengendalian dan monitor proses secara terus-menerus.
    • Mengukur dan memantau KPI untuk memastikan bahwa hasil perbaikan tetap berada dalam batas yang ditetapkan.

Hasil akhir dari penerapan Six Sigma ini adalah peningkatan signifikan dalam kualitas produk, tingkat cacat berkurang secara drastis, dan biaya perbaikan pun menurun. Proses produksi menjadi lebih efisien dan andal, sehingga perusahaan dapat meningkatkan reputasi di mata pelanggan serta keuntungan perusahaan juga akan lebih meningkat.

Alat-Alat Pengukuran Six Sigma

Dalam metodologi Six Sigma, terdapat beberapa alat-alat pengukuran yang digunakan untuk mengumpulkan data, menganalisis variasi, dan mengidentifikasi akar penyebab masalah. Berikut adalah beberapa alat-alat pengukuran yang umum digunakan dalam Six Sigma:

1.Histogram
Histogram merupakan grafik yang digunakan untuk menggambarkan pola distribusi data dan sebaran data.

six sigma

2. Diagram Pareto
Diagram pareto merupakan grafik yang menggambarkan frekuensi kemunculan setiap penyebab. Diagram pareto berguna dalam mengidentifikasi faktor paling penting yang berkontribusi terhadap masalah.

six sigma

3. Diagram Sebab-Akibat (Fishbone Diagram)
Fishbone diagram berguna dalam mengidentifikasi akar penyebab masalah dengan mengaitkan berbagai faktor yang berpotensi mempengaruhi sebuah masalah.

six sigma

4. Scatterplot
Scatterplot digunakan untuk menunjukkan hubungan antara dua variabel, melalui scatterplot kita dapat melihat apakah ada korelasi atau pola antara variabel-variabel tersebut.

six sigma

5. Diagram Kontrol (Control Chart)
Diagram kontrol merupakan grafik yang digunakan untuk memonitor kinerja proses seiring waktu, melalui diagram kontrol memungkinkan kita untuk mendeteksi perubahan yang signifikan dalam proses.

six sigma

6. Diagram Alir (Flowchart)
Flowchart merupakan diagram yang menggambarkan alur kerja atau proses dalam bentuk grafis, membantu memahami langkah-langkah proses.

Referensi

Pyzdek, T., & Keller, P. A. (2014). “The Six Sigma Handbook: A Complete Guide for Green Belts, Black Belts, and Managers at All Levels.” McGraw-Hill Education.

Pande, P. S., Neuman, R. P., & Cavanagh, R. R. (2000). “The Six Sigma Way: How GE, Motorola, and Other Top Companies are Honing Their Performance.” McGraw-Hill Education.

Sampai di sini dulu penjelasan terkait Pengenalan Six Sigma. Jika masih terdapat hal-hal yang dibingungkan bisa langsung saja ramaikan kolom komentar atau hubungi admin melalui tombol bantuan di kanan bawah. Stay tuned di website https://exsight.id/blog/ agar tidak ketinggalan artikel-artikel menarik lainnya.

Sstt...
Mau Kiriman Artikel Terbaru Exsight
Tanpa Biaya Langganan? ????

Nama Kamu

Email Kamu

Dapatkan Akses Informasi Terupdate Seputar Dunia Data dan Statistika 🙂

Exsight ADS

Leave a Comment

Hubungi Admin
Halo, selamat datang di Exsight! 👋

Hari ini kita ada DISKON 20% untuk semua transaksi. Klaim sekarang!