cara install python dan jupyter notebook di windows

7V KARAKTERISTIK LENGKAP BIG DATA

DW ADS

Big Data ! Siapa di jaman sekarang yang belum pernah dengar istilah ini ?? semua pernah dengan bukan.. Ada beberapa definisi yang merujuk kepada pengertian Big Data. 2V, 3V, atau yang hanya dengan definisi singkat. Artikel 7v Big Data ini membuat kamu memahami Big Data dengan komprehensif.

KARAKTERISTIK BIG DATA


1. Volume


Yapp paling pertama dari definisi Big Data, dan yang paling sering kita dengar adalah Volume. Volume merujuk pada Big Data yang memang Volume nya begitu besar (BIG), bisa diukur menggunakan Zettabytes (ZB) atau satuan yang lain.

big data
ilustrasi pengolahan Big Data

2. Velocity


Hmm yang kedua Velocity ya. Velocity merujuk kepada Kecepatan yang dimiliki Big Data. Contoh : data pada Youtube begitu cepat arusnya, secara real time pun berapa banyak video yang sedang diupload saat ini ? Begitu banyak bukan.

Velocity Big Data

3. Variety


Nnah yang ketiga ini juga mendefinisikan Big Data bangett sobb. Variety (Keberagaman) maksudnya adalah Big Data tidak hanya berbentuk Data Teks, Big Data berbentuk antara lain : data audio, video, teks, gambar, dan lain sebagainya.

Foto oleh Lukas dari Pexels

4. Variability


Variability berbeda dengan Variety ya sobb. Variety mengacu kepada beragamnya tipe data, bisa data teks, gambar, audio, video, dll. Variability mengacu kepada karakteristik Big Data yang terus berubah secara konstan.

5. Veracity


Veracity atau tingkat keakuratan Big Data. Big Data yang ideal benar – benar akurat dan dapat dipercaya. Kalau segitu banyak nya data dan tidak akurat ya buat apa ?? ya kan.

Baca ini juga sob, masih seputar Data -> Jebakan Statstika : Cherry Picking

6. Visualisation


Big Data dapat dilakukan Visualisasi, sehingga memudahkan bagi User yang ingin menggali insight untuk keperluan pengambilan keputusan.

7. Value


Value atau memiliki makna. Yapp, kita punya data yang begitu banyak kalau ga ada makna nya ya buat apa. Big Data harus diolah sedemikian rupa sehingga ia memiliki makna yang jelas bagi User, juga bagi siapapun yang ingin sekadar melihat nya tanpa kecuali.

Oke, itu seputar bahasan Big Data sobb. Semoga bermanfaat. Kamu juga bisa download Dataset gratis DISINI.

Baca Juga : Rekomendasi Platform buat Bikin Artificial Intelligence

Dimanapun kamu, jangan lupa selalu gunakan software asli yaa. Jangan lupa untuk bagikan artikel ini ke relasi mu.

Sstt...
Mau Kiriman Artikel Terbaru Exsight
Tanpa Biaya Langganan? ????

Nama Kamu

Email Kamu

Dapatkan Akses Informasi Terupdate Seputar Dunia Data dan Statistika 🙂

Exsight ADS

1 thought on “7V KARAKTERISTIK LENGKAP BIG DATA”

Leave a Comment

Hubungi Admin
Halo, selamat datang di Exsight! 👋

Hari ini kita ada DISKON 20% untuk semua transaksi. Klaim sekarang!