Ragam Contoh Aplikasi Open-Source

DW ADS

Okey sobat Exsight, di artikel sebelumnya kita sudah mengetahui apa itu Aplikasi Open-Source. Di artikel kali ini, kita membahas Ragam Contoh Aplikasi Open-Source yang ada di sekitaran kita dan bisa kita gunakan sesuai kebutuhan. Beberapa Aplikasi yang dicontohkan, seringkali justru mumpuni untuk menggantikan aplikasi berbayar yang mungkin sering kita pakai di keseharian.

Macam – Macam Aplikasi Open-Source


Libre Office

Libre Office menyediakan ragam kebutuhan kamu lhoo. Mulai dari Libre Office Writer (software penulisan), Libre Office Calc (fungsinya mirip Excel), Libre Office Draw, dan lainnya. Libre Office ini sangat mirip dengan Microsoft Office dengan beragam jenisnya seperti Power Point, Word, Excel, dan seterusnya.

Menariknya, Libre Office bisa menggantikan layanan Microsoft Office tadi. Dan kamu bisa mengaksesnya secara GRATIS. Libre Office tersedia untuk Linux, Windows, bahkan Mac. Kamu bisa mendownload Libre Office secara gratis di sini

Tampilan Libre Office Writer
Aplikasi Open-Source
Tampilan Libre Office Calc

Linux

Yapp Linux mungkin sudah banyak yang tahu yaa. Software Open-Source ini semakin terkenal karena sangat ragam kegunaannya dan jenis – jenis Distro nya. Linux merupakan Operating System yang berbasis Open-Source.

Para pengguna Linux biasanya turut mengenalkan Linux ke para pengguna komputer yang masih belum mengenalnya. Hal ini karena selain Linux gratis, para pengguna juga merasa senang  dengan menunggu pembaruannya yang semakin menyempurnakan Linux.

Kamu bisa mulai menggunakan Linux sesuai kebutuhanmu, segera browsing di sini dan cari distro yang sesuai yaa.

Linux

R

Yuhuu, sampai juga di bahasan R. R adalah aplikasi Open-Source untuk kamu yang ingin melakukan olah data statistik. Software ini diperkaya dengan Package yang semakin memperluas kegunaannya.

R menjadi penting untuk dipelajari, salah satunya adalah karena di ranah pendidikan S1 maupun lanjut para pembimbing mulai menyarankan penggunaan aplikasi Open-Source untuk Tugas Akhir nya, salah satunya R.

Belakangan ini, R semakin terkenal karena merebaknya juga Data Science. R salah satu software utama di Exsight. Kami berusaha mengenalkannya ke masyarakat luas, karena masih ada kalangan yang belum mengenalnya.

Para pengguna R seringkali mengakses R dengan IDE – nya, yakni Rstudio.

Tampilan RStudio

Python

Hmm kalau Python sangat luas kegunaanya yaa. Programming secara umum, termasuk Data Science juga dicakup oleh Python. Kamu harus banget tahu software yang satu ini.

Python memiliki komunitas yang begitu luas, forum tanya jawab atau hanya sekadar diskusi tentang update Library terbaru.

Para pengguna Python mengakses Python dengan beragam IDE, salah satunya adalah Jupyter Notebook. Kamu juga bisa baca artikel Exsight di sini untuk mengetahui langkah-langkah instalasinya di OS Windows.

Tampilan Jupyter Notebook

Terakhir

Nnnah itu beberapa contoh Aplikasi Open-Source yang ada di sekitar kita, dan siap kita gunakan. Tambahkan di kolom komentar yaa ragam aplikasi Open-Source lainnya. Mari sebarkan dan bumikan Aplikasi Open-Source.

Baca Juga : Hyperparameter Tuning dengan efisien

Kalau ada teman kamu yang masih membajak/cracking aplikasi, jangan sungkan-sungkan diingatkan, oke?

See you !

Sstt...
Mau Kiriman Artikel Terbaru Exsight
Tanpa Biaya Langganan? ????

Nama Kamu

Email Kamu

Dapatkan Akses Informasi Terupdate Seputar Dunia Data dan Statistika 🙂

Exsight ADS

Leave a Comment

Hubungi Admin
Halo, selamat datang di Exsight! 👋

Hari ini kita ada DISKON 20% untuk semua transaksi. Klaim sekarang!