Tutorial Pembuatan Q-Q Plot untuk Cek Normalitas Data #3

DW ADS

Hai sobat Exsight, pada artikel ini kita akan membahas lebih lanjut terkait normalitas. Berbeda dari artikel sebelumnya yaitu Uji Normalitas Shapiro-Wilk dengan SPSS #2, pada artikel ini akan berfokus pada Tutorial Pembuatan Q-Q Plot untuk Cek Normalitas pada data. Adapun untuk tutorial kali ini, kita akan menggunakan bantuan software SPSS. Yuk simak artikel ini dengan seksama yaa!

Definisi

Uji normalitas Q-Q Plot (Quantile-Quantile Plot) adalah metode statistik yang digunakan untuk memvisualisasikan sejauh mana suatu data cocok dengan distribusi normal. Plot Q-Q digunakan untuk membandingkan kuantil dari data yang diamati dengan kuantil yang diharapkan dari distribusi normal.

Q-Q Plot dapat menjadi alat yang berguna dalam memeriksa normalitas data sebelum melakukan analisis statistik yang bergantung pada asumsi distribusi normal.

Studi Kasus

Studi kasus yang kita gunakan dalam pembuatan Q-Q Plot, serupa dengan artikel sebelumnya terkait Uji Normalitas Shapiro-Wilk dengan SPSS #2. Kita akan menggunakan data terkait nilai ujian dari 20 mahasiswa di suatu perguruan tinggi.

q-q

Tutorial SPSS

  1. Buka software SPSS, kemudian entry data pada variable view dan data view.
Gambar 1a. SPSS Tahap 1 (Data View)

Pada bagian data view berisi data-data dari masing-masing variabel, sedangkan untuk bagian variable view berisi pendefinisian dari masing-masing (khususnya terkait jenis data pada bagian measure).

Gambar 1b. SPSS Tahap 1 (Variable View)

2. Selanjutnya klik Analyze â€“ klik Descriptive Statistics â€“ klik Explore

q-q
Gambar 2. SPSS Tahap 2

3. Kemudian kita perhatikan pada Gambar 3. untuk bagian Dependent List kita isi dengan variabel Nilai_Ujian, setelah itu klik pada bagian Plots.

q-q
Gambar 3. SPSS Tahap 3

4. Lalu perhatikan pada bagian Plots kita beri tanda centang pada opsi Normality plots with tests. Selanjutnya kita klik tombol Continue.

q-q
Gambar 4. SPSS Tahap 4

Pembahasan Hasil Output SPSS

Hasil output SPSS terkait Q-Q Plot adalah sebagai berikut.

Q-Q Plot
Gambar 5. Output SPSS (Q-Q Plot)

Berdasarkan Gambar 5. pada Q-Q plot terdapat sumbu x (Observed Value) mewakili kuantil yang diamati dari data dan sumbu y (Expected Value) mewakili kuantil yang diharapkan dari distribusi normal,

Dengan melihat visualisasi Q-Q Plot, dapat diketahui bahwa titik-titik pada plot berada di sepanjang garis diagonal yang disebut sebagai garis referensi. Apabila titik-titik plot berada di garis referensi menandakan bahwa data nilai ujian dari 20 mahasiswa berdistribusi normal.

Referensi

Montgomery, D. C., Peck, E. A., & Vining, G. G. (2012). Introduction to Linear Regression Analysis. John Wiley & Sons.

Ott, R. L., & Longnecker, M. T. (2001). An Introduction to Statistical Methods and Data Analysis. Duxbury, Thomson Learning.

Sekian penjelasan terkait Tutorial Pembuatan Q-Q Plot untuk Cek Normalitas. Jika masih ada yang dibingungkan bisa langsung saja ramaikan kolom komentar atau hubungi admin melalui tombol bantuan di kanan bawah. Stay tuned di website https://exsight.id/blog/ agar tidak ketinggalan artikel-artikel menarik lainnya.

Sstt...
Mau Kiriman Artikel Terbaru Exsight
Tanpa Biaya Langganan? ????

Nama Kamu

Email Kamu

Dapatkan Akses Informasi Terupdate Seputar Dunia Data dan Statistika 🙂

Exsight ADS

1 thought on “Tutorial Pembuatan Q-Q Plot untuk Cek Normalitas Data #3”

  1. Pingback: Pengecekan Normalitas Data Dengan Software R - Exsight

Leave a Comment

Hubungi Admin
Halo, selamat datang di Exsight! 👋

Hari ini kita ada DISKON 20% untuk semua transaksi. Klaim sekarang!